Sponsors Link

Kelebihan dan Kekurangan Huawei P20 Pro, Lengkap dengan Spesifikasinya

Sponsors Link

huawei p20 proSmartphone Huawei yang sebelumnya terkenal sebagai produsen ponsel-ponsel CDMA low-end di tanah air belakangan gencar merilis jajaran lini smartphone mid-end sampai high-end terbaik mereka. Yang baru-baru ini dan sempat menjadi pembicaraan hangat di kalangan para penikmat gawai adalah Huawei P20 Pro.

Nama Huawei sendiri mungkin masih kalah pamor jika dibandingkan dengan merek-merek yang sudah punya nama besar dan dikenal masyarakat luas seperti Apple dan Samsung. Namun, jangan salah, karena di luar negeri, nama Huawei kerap kali dibandingkan sejajar dengan kedua pesaingnya tersebut.

Nah, tentu dibandingkan dengan dua merek super besar seperti Apple dan Samsung yang sudah banyak menggaet penggunanya lewat rilisan smartphone menggiurkan mereka, membuat Huawei tak mau kalah. Huawei P20 Pro pun kemudian dihadirkan Huawei sebagai jagoan dari lini flagship mereka.

Huawei P20 Pro mempunyai spesifikasi yang sangat menggiurkan. Jika anda berencana untuk meminang smartphone ini, ada baiknya anda mengetahui kelebihan dan kekurangan Huawei P20 Pro sebelum membelinya yang akan kami ulas di bawah ini. Berikut adalah ulasannya.

Spesifikasi Huawei P20 Pro

  • Waktu rilis: Maret 2018
  • Layar: AMOLED 6.1 inches, 1080 x 2244 pixels, 18, 7:9 Ratio
  • Chipset: Hisilicon Kirin 970
  • CPU: Octa-core (4 x 2.4 GHz Cortex-A73 & 4 x 1.8 GHz Cortex A-53)
  • GPU: Mali-G72 MP12
  • Memori Internal: 128 GB ROM, 6 GB RAM
  • Memori Eksternal: –
  • Kamera Belakang: Triple, 40 MP (f/1.8, 1/1.7″, OIS) + 20 MP (f/1.6) + 8 MP (f/2.4), Leica optics, 3x optional zoom, phase detection and laser autofocus, dual LEAD with dual tones flash
  • Kamera Depan: 24 MP, Autofocus, f/2.0
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4000 mAh battery

Kelebihan Huawei P20 Pro

1. Kamera Depan 24 Mp dan Tiga Kamera Belakang

Huawei memfokuskan P20 Pro sebagai smartphone dengan nilai jual utama dari sektor kameranya. Tak main-main, Huawei menyematkan kamera depan beresolusi 24 MP dan tiga buah lensa di bagian kamera belakang. Tentu, untuk kualitas ber-selfie ria, Huawei P20 Pro ini tidak perlu diragukan lagi, begitu pun dengan tiga buah lensa belakangnya yang mampu menangkap objek foto dengan sangat baik. Bahkan skor yang didapatkan oleh P20 Pro jauh melewati flagship pesaingnya seperti Apple iPhone X.

2. Desain yang Kekinian dan Mempersona

Trend bodi smartphone dengan efek warna gradasi di casing belakang dan penggunaan material kaca diadopsi Huawei ke dalam P20 Pro mereka. Tentu hal ini menambah kesan betapa premiumnya flagship andalan Huawei ini. Buat anda yang mencari smartphone dengan nilai estetika tinggi, Huawei P20 Pro layak untuk anda jadikan pertimbangan sebelum membelinya.

3. Tahan Air

Hal lainnya yang menjadi kelebihan Huawei P20 Pro adalah kemampuannya untuk tahan terhadap air. Huawei P20 Pro cocok sekali untuk anda yang punya mobilitas sehari-hari yang tinggi dan kerap kali bersentuhan dengan air. Tak perlu khawatir karena Huawei P20 Pro dibekali kemampuan anti air yang membuatnya semakin oke digunakan pada setiap kegiatan.

4. Kapasitas Baterai Besar

Dari sektor baterai, Huawei P20 Pro punya kemampuan daya tahan baterai yang sangat mumpuni. Kapasitas baterai 4000 mAH yang disematkan ke dalamnya membuat smartphone ini bertahan seharian. Huawei P20 Pro dapat bertahan 6 sampai 7 jam saat penggunaan normal. Selain kapasitas baterai yang besar, Huawei P20 Pro juga dibekali kemampuan untuk mengisi ulang daya secara cepat. Untuk mengisi ulang baterai hingga 100% hanya membutuhkan waktu sekitar 80 menit saja. Tentu, hal ini menarik sekali mengingat aktivitas kesehari-harian kita sangatlah bergantung pada smartphone.

5. Interface Menarik

Huawei menyematkan interface andalan mereka, EMUI 8.1 yang berbasis android 8.1 ke dalam Huawei P20 Pro yang sangat menarik dan fungsional. Secara visual, interface yang diberikan Huawei P20 Pro tak kalah ciamik jika dibandikan dengan interface ala Samsung maupun Apple. Jika sobat tidak menyukai tampilan notch yang menutupi bagian atas layar, EMUI 8.1 punya kemampuan untuk menyembunyikan notch tersebut.

Kekurangan Huawei P20 Pro

Meski begitu, Huawei P20 Pro tak luput dari kekurangan. Berikut adalah kekurangan dari flagship terbaru andalan Huawei ini.

1. Tidak Bisa Wireless Charging

Kebanyakan smartphone flagship saat ini sudah mendukung kemampuan wireless charging. Sebut saja iPhone X yang punya kemampuan ini. Sayang sekali Huawei P20 Pro yang menggembar-gemborkan kemampuan kameranya belum mendukung wireless charging. Hal ini tentu menjadi nilai minus jika anda seorang pengguna smartphone yang punya mobilitas tinggi.

2. Tanpa Headphone Jack

Rilisan smartphone-smartphone masa kini kerap kali meniadakan port headphone jack. Harus diakui, absennya port headphone jack sangat disayangkan karena masih banyak para pengguna smartphone yang membutuhkan port tersebut. Trend ini lah yang kemudian diikuti oleh Huawei P20 Pro dengan tidak menyematkan port headphone jack.

3. Layar Masih Full HD+

Secara tipe dan dimensi layar, tak ada yang perlu dikritisi terhadap Huawei P20 Pro ini. Namun, dari segi resolusi layar, sayangnya Huawei P20 Pro masih mengadopsi resolusi Full HD+ sementara smartphone-smartphone flagship pesaingnya sudah menggunakan resolusi Quad HD. Tentu hal ini menjadi minus besar dari si Huawei P20 Pro ini.

4. Tak Ada Slot MicroSD

Huawei P20 Pro memang membawa kapasitas penyimpanan internal yang sangat besar, yaitu 128 GB. Namun, seiring berjalannya waktu, tentu kebutuhan akan kapasitas penyimpanan yang lebih besar akan sangat dibutuhkan. Hal ini bisa diakali dengan menyematkan memori eksternal ke dalam smartphone yang sayangnya kemampuan ini tak dimiliki oleh Huawei P20 Pro yang hadir tanpa slot microSD sehingga penambahan kapasitas penyimpan adalah mustahil.

Kesimpulan

Huawei P20 Pro adalah alternatif bagi anda yang ingin mencicipi smartphone flagship dengan harga yang lebih rasional ketimbang lini flagship milik beberapa kompetitor Huawei seperti Samsung dan Apple. Dengan kamera sebagai nilai jual utama, Huawei P20 Pro layak untuk dipinang bagi anda yang sedang mencari flagship dengan kemampuan kamera kelas wahid.

Yang disayangkan adalah absennya kehadiran fitur-fitur penting pendukung mobilitas seperti wireless charging, port headphone jack, dan slot microSD sehingga kinerja Huawei P20 Pro dirasa kurang maksimal. Meski begitu, Huawei P20 Pro masih sangat layak untuk anda sekalian beli di tahun 2019 ini.

Demikian ulasan kelebihan dan kekurangan Huawei P20 Pro. Semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Review
Search
GADGET INFO

Kamu ada rencana ingin menjual hpmu tapi takut diberi harga murah? Lakukan hal-hal ini untuk mengetahui performa hpmu, layak atau tidak dijual dengan harga tinggi.