Sponsors Link

6 Perbandingan Oppo F7 dan Vivo V9 yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Pilihan ponsel di pasaran semakin menarik serta menggembirakan, tak kadang kita dibuat kebingungan dalam menentukan pilihan terbaik sesuai dengan keinginan dan tentunya budget yang dimiliki. Saat ini perusahaan smartphone asal Tiongkok sedang merajai berbagai negara, salah satunya di Indonesia. Tak heran, sebab banyak brand ponsel dari negara Tiongkok seperti Xiaomi, Huawai, Oppo dan juga Vivo menawarkan spesifikasi atau spek berkualitas masa kini namun dengan harga yang terbilang cukup miring dibandingkan dengan brand-brand ternama lainnya.

Tak jarang dari kita yang selalu membandingan dua ponsel asal Tiongkok untuk mendapatkan smartphone idaman, salah satu brand yang kerap kali dibandingakan adalah Oppo dan Vivo. Sebab dua perusahaan ini bersaing ketat dalam membidik para pelanggannya. Dari sekian banyak tipe merk Oppo dan Vivo, seri yang kerap dibandingkan adalah Oppo F7 dan Vivo V9, keduanya memiliki harga 4 jutaan.

Berbeda dengan perbedaan iPhone XS, XS Max dan XR, ponsel seri Oppo F7 dan Vivo V9 memang sedang ramai diperbincangkan, baik Oppo F7 maupun Vivo V9 memang menawarkan berbagai fitur yang hampir mirip satu sama lain. Mulai dari kamera swafoto (selfie), desain layar yang bezelles, hingga harga yang terjangkau untuk pengguna kalangan menengah. Untuk memantapkan pilihanmu berikut merupakan perbandingan Oppo F7 dan Vivo V9 yang wajib kamu ketahui :

  1. Tampilan Ponsel

Oppo F7 mempunyai tampilan layar LTPS IPS berdiameter 6.23 inci dengan resolusi 2280 x 1080  piksel. Untuk mengamankan layar yang biasanya rawan pecah, smartphone ini sudah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass. Sedangkan untuk Vivo V9, memiliki perbedaan yang tak jauh berbeda, untuk layarnya sendiri memiliki tampilan IPS berukuran 6.3 inci dan resolusi yang disematkan pun sama denga Oppo F7 yaitu 2280 x 1080 piksel. Demi menjamin keamaan, layar Vivo V9 pun sudah di lengkapi Corning Gorilla Glass juga.

Selain itu, kedua ponsel ini juga sudah mengikuti perkembangan teknologi ponsel pintar terbaru yang sedang naik daun, yaitu sudah menggunakan layar bezelless dengan bingkai yang sangat tipis. Tak itu saja, keduanya pun sudah menyematkan poni alias notch pada sisi atas ponsel, seperti yang sudah diakukan oleh iPhone X serta beberapa ponsel lainnya. Di dalam notch sendiri terdapat kamera depan, sensor dan juga lampu flash.

  1. OS dan Dapur Pacu

Baik Oppo F7 maupun Vivo V9 sama-sama menggunaan OS Android Oreo 8.1 untuk menjalankan aplikasi. Sedangkan untuk dapur pacu Oppo F7 sudah didukung chip Media Tek Helio P60 Octa Core 2 GHz dan Ram 4GB. Tak sama dengan pesaingnya, Vivo V9 mengusung chip Snapdragon 450 Octa Core 2.2 GHz dan RAM 4GB. Ketahui juga perbedaan tampilan iOS 10 dan 11.

Saat diuji benchmark menggunakan aplikasi AnTuTu keduanya terpaut jauh, untuk Oppo F7 memperoleh skor sebanyak 139.772. Sedangkan untuk Vivo V9 memperoleh skor 90.606. Aplikasi benchmark AnTuTu sudah terkenal dikalangan luas sebagai cara untuk mengetahui kinerja ponsel pintar, tanpa harus menggunakannya langsung. AnTuTu sendiri akan melakukan uji kinerja ponsel pintar secara lengkap, dengan membandingkan performa user Experience (UX), RAM, GPU (pengolahan grafis), dan CPU.

  1. Kamera

Pada bagian kamera, perbedaan mendasar berada pada sensor. Untuk Oppo F7 mengusung kamera belakang 16 MP dengan bukaan f/1.8, ditambah LED Flash serta kamera depan beresolusi 25 MP. Sedangkan Vivo V9 menerapkan kamera utama ganda 12 MP+2MP dengan bukaan f/2.0 ditambah LED Flash serta kamera depan 25 MP. Kendati memiliki perbedaan, kedua vendor tersebut, baik Oppo maupun Vivo seri ini mengklaim bahwa kamera utamanya mampu memotret foto bokeh dengan baik, serta sudah ditunjang fitur cangih bernama Artificial Intelligance (AI).

Bukan itu saja, sudah disebutkan diawal, salah satu penawaran menarik dari kedua ponsel tadi terdapat pada kamera swafoto (selfi). Kekuatan selfi masih menajadi andalan Oppo F7 dengan menyematkan kamera depan beresolusi 25 MP. Selain itu produsen ponsel satu ini menambahkan fitur filter AI Beauty Technology 2.0, AR Sticker, dan real time HDR. Ketahui juga tentang cara mengatur kamera Oppo A71.

Sama halnya dengan Oppo F7, Vivo juga menawarkan kamera selfi yang tak jauh berbeda. Untuk Vivo V9, resolusi kamera depan memang sedikit lebih kecil yaitu 24 MP. Disempurnakan dengan sejumlah fitur ciamik, misalnya Face Recognition, AI Beauty, dan AR Sticker. Dengan kualitas kamera yang ada, kedua ponsel ini sudah tergolong dalam hp yang bagus untuk vlog.

  1. Memori dan Baterai

Kapasitas memori dan baterai pada smartphone sekarang ini menjadi salah satu faktor penting dalam membeli ponsel, untuk itu Oppo F7 mempunyai dua penawaran kapasitas memori 64 GB dan 128 GB, sedangkan Vivo V9 hanya berkapasitas 64 GB. Untuk slot micro SD, keduanya menyematkan kapasitas memori eksternal hingga 256 GB. Untuk tenaga baterai yang digunakan Oppo F7 mempunyai kapasitas baterai sebesar 3400 mAh, sedangakan Vivo V9 mempunyai kapasitasi baterai yang lebih kecil yaitu 3260 mAh.

  1. Fitur Pendukung

Oppo F7 memiliki dua penawaran RAM, yaitu 4 GB dan 6 GB. Sedangkan Vivo V9 hanya memiliki kapasitas RAM sebesar 4 GB. Untuk keamanan keduannya sudah memiliki teknologi terbaru, yaitu fingerprint dan face unlock. Pahami juga penyebab fingerprint rusak. Bobot kedua ponsel ini berbeda tipis, Oppo F7 memiliki bobot sebarat 158 gram, sedangakan Vivo V9 seberat 150 gram. Smartphone ini juga mempunyai berbagai pilihan warna, Oppo F7 menawarkan warna berupa Solar Red, Diamond Black, dan Moonlight Silver (hanya untuk 64 GB). Sedangkan Vivo V9 hanya memiliki dua warna yaitu gold dan juga black saja.

  1. Harga

Salah satu hal yang ditunggu dari perbangingan Oppo F7 dan Vivo V9 adalah harga ponsel. Sebenarnya, kedua ponsel tersebut tak memiliki selisih harga yang terpaut jauh. Dengan berbagai macam kesamaan serta perbedaan yang ada, keduannya hanya terpaut harga sebesar Rp 200 ribu.

Harga Oppo F7 versi RAM 4 GB dengan memori internal sebesar 64 GB di Indonesia dijual dengan harga Rp 4.199.000.00 (empat juta seratus sembilan puluh sembilan ribu), sedangkan untuk harga Vivo V9 lebih murah 200 ribu yaitu dibandrol dengan angka Rp 3.999.000.00 (tiga juta sembilan ratus sembilan puluh sembilan ribu). Biasanya harga akan lebih murah bila membelinya melalui toko online, usahakan untuk memilih toko online terpercaya agar terhindar dari segala kemungkinan burung yang akan terjadi.

Nah itulah perbandingan Oppo F7 dan Vivo V9, jadi bagaimana menurutmu? Semoga membantu dalam mempertimbangkan sebelum membelinya.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Review
Search
GADGET INFO

Kamu ada rencana ingin menjual hpmu tapi takut diberi harga murah? Lakukan hal-hal ini untuk mengetahui performa hpmu, layak atau tidak dijual dengan harga tinggi.