Sponsors Link

10 Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp

Sponsors Link

Aplikasi chatting atau berbagi pesan dan hp Android maupun adalah satu kesatuan yang mustahil untuk dipisahkan. Aplikasi berbagai pesan penting sekali untuk mendukung aktivitas para pengguna hp Android maupun iOS. Kehadiran berbagai aplikasi berbagai pesan menjadi bukti akan kemajuan teknologi yang membuat segala hal menjadi instan dan cepat, salah satunya adalah komunikasi. Aplikasi-aplikasi berbagi pesan lah yang kemudian memberikan kita sebagai pengguna android maupun iOS berbagai kemudahan. Jika dulu, berkirim pesan harus melalui SMS yang mana terbilang mahal, kini hanya dengan memanfaatkan koneksi internet, kita dapat dengan mudah melakukan chatting tanpa perlu takut pulsa akan habis.

Tercatat ada banyak sekali aplikasi berbagi pesan yang bisa anda unduh sesuka hati lewat Play Store untuk pengguna android atau App Store untuk anda pengguna iOS. Masing-masing dari aplikasi berbagi pesan tersebut menawarkan fitur yang berbeda antar satu dengan yang lainnya. Yang perlu anda lakukan hanya lah mengunduhnya sesuai dengan kebutuhan.

Whatsapp adalah salah satu aplikasi berbagi pesan yang gaungnya tentu tidak asing lagi bagi anda. Rilis pertama kali 2009 lalu, Whatsapp menawarkan kemudahan berkirim pesan tanpa menggunakan biaya SMS. Lewat Whatsapp, anda bisa melakukan berbagai aktivitas chatting lewat fitur yang ia hadirkan seperti berkirim foto, dokumen, video, lokasi, stiker, bahkan fitur untuk melakukan panggilan telepon maupun panggilan video. Tak heran jika sampai detik ini, Whatsapp sudah diunduh oleh jutaan orang. Jika anda menggunakan Whatsapp Plus, tentu fitur-fitur yang disajikan akan lebih banyak lagi.

Meski memberikan berbagai macam kemudahan dalam berkomunikasi, nyatanya Whatsapp juga tak luput dari kekurangan. Aplikasi saingan Whatsapp lainnya seperti Line yang termasuk ke dalam aplikasi chat dengan orang Korea secara gratis pun juga punya beberapa kekurangan contohnya Line sering keluar sendiri di iPhone.

Berikut ini kami sajikan beberapa kelebihan dan kekurangan Whatsapp yang harus anda ketahui sebelum memutuskan untuk mengunduhkan dan menjadikannya sebagai aplikasi berbagi pesan utama di hp android anda. Dibawah ini merupakan kelebihan dan kekurangan Whatsapp sebagai salah satu aplikasi chatting yang paling diminati.

Kelebihan

1. Kontak di hp android otomatis melakukan sinkronisasi

Whatsapp mampu mengkoneksikan daftar nomor telepon yang tersimpan di kontak hp android anda. Sehingga anda tidak perlu repot-repot melakukan penambahan teman lagi jika ingin berkirim pesan dengan teman anda. Cukup buka aplikasi Whatsapp anda, lalu buka chat baru, kemudian anda bisa memilih nomor mana kah yang ingin anda tuju. Aktivitas berkirim pesan pun menjadi sangat efisien berkat sinkronisasi otomatis ini.

2. Mudah digunakan

Untuk melakukan aktivasi akun Whatsapp, anda tak perlu repot-repot melakukan registrasi yang umumnya harus dilakukan jika ingin menggunakan aplikasi berbagi pesan. Untuk mengaktifkan Whatsapp, yang anda perlukan hanya lah nomor telepon aktif yang ada di hp android anda. Hp android yang bisa anda gunakan pun tidak terbatas pada satu merek saja, misalnya Samsung.

3. Mudah melakukan kostumisasi

Sifat Whatsapp yang terbilang open-source memudahkan anda untuk melakukan berbagai kostumisasi terhadap segala isi dari Whatsapp. Fitur kostumisasi ini memungkinkan anda untuk melakukan perubahan profil, mengubah backgroud chat, hingga melakukan blokir nomor telepon. Hampir semua hal bisa dikostumisasi oleh salah satu aplikasi chat terbaik ini.

4. Back-up percakapan

Jika anda tidak ingin kehilangan riwayat chat anda dengan seseorang, Whatsapp menghadirkan salah satu fitur yang sangat berguna yaitu fitur dimana anda bisa melakukan pencadangan data alias bac-kup. Fitur ini pun bisa anda pilih sesuka hati dari back-up mingguan hingga back-up tahunan. Biasanya, aplikasi Whatsapp akan memberikan notifikasi apakah anda menginginkan back-up atau tidak.

5. Adanya fitur Stories

Yang unik dari Whatsapp adalah kehadiran fitur Stories yang dimilikinya. Fitur ini memungkinan anda untuk membagikan berbagai aktivitas anda yang kemudian dapat dilihat oleh orang-orang di dalam kontak Whatsapp anda.

Kekurangan

1. Emoticon kurang menarik

Jika dibandingkan dengan Line yang menghadirkan banyak emoticon bahkan sticker-sticker unik yang memanjakan mata, Whatsapp cenderung hadir dengan emoticon yang terlihat kaku dan kurang ekspesif. Hal ini menjadi nilai minus bagi anda yang berjiwa muda dan kerap berkirim emoticon dengan seseorang.

2. Harus sering update berkala

Satu kekurangan Whatsapp yang lumayan menjengkelkan adalah aplikasinya harus terus di-update secara rutin. Jika kita menghiraukan notifikasi untuk melakukan update terhadap aplikasi Whatsapp, biasanya kita tidak akan bisa mengakses aplikasinya yang mana tentu saja hal ini akan sangat merepotkan jika anda sedang terdesak atau koneksi intenet di tempat anda berada tidak memungkinan untuk melakukan proses update.

3. Volume data cukup besar

Tak bisa dipungkiri, berbagai fitur yang disematkan oleh Whatsapp pastinya akan menggunakan volume penggunaan data kita menjadi lebih besar. Terlebih, jika anda termasuk orang-orang yang gemar melakukan chatting, kuota internet anda kemungkinan akan cepat habis jika terlalu lama menggunakan Whatsapp.

4. Kurang Private

Kemudahan untuk mengaktifkan Whatsapp hanya dengan menggunakan nomor telepon membuat data anda dapat dengan mudah terbaca oleh orang lain yang mungkin tidak anda kenal. Hal ini didasari oleh tidak adanya fitur penambahan teman melalui username yang bisa dengan mudah kita kustomisasi dan pilih siapa sajakah yang mau anda tambahkan ke dalam daftar teman. Orang asing dapat dengan mudah mengirim pesan kepada anda karena kurangnya fitur keamanan yang dimiliki Whatsapp.

5. Adanya bug

Whatsapp juga tak luput dari bug. Salah satu bug yang biasa dialami oleh para pengguna Whatsapp adalah nada pesan Whatsapp tidak bunyi. Hal ini tentu akan merepotkan jika anda sedang menunggu pesan penting namun pesan tersebut menjadi terlewatkan begitu saja karena bug yang dimiliki Whatsapp. Oleh karena itu, melakukan update aplikasi Whatsapp harus anda lakukan.

Demikian ulasan tentang beberapa kelebihan dan kekurangan Whatsapp yang sudah kami hadirkan untuk anda. Whatsapp adalah salah satu aplikasi chatting terpopuler yang bisa anda jadikan andalan untuk melakukan komunikasi dengan orang lain. Jika dirasa anda kurang nyaman menggunakan Whatsapp, anda bisa coba aplikasi berbagi pesan lainnya seperti Line ataupun Telegram.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Aplikasi
Search
GADGET INFO

Kamu ada rencana ingin menjual hpmu tapi takut diberi harga murah? Lakukan hal-hal ini untuk mengetahui performa hpmu, layak atau tidak dijual dengan harga tinggi.