Sponsors Link

Cara Menonaktifkan Instagram Sementara dari Hp dan Cara Mengaktifkannya Kembali

Sponsors Link

Instagram adalah salah satu platform media sosial yang paling diminati saat ini. Platform yang menawarkan kemudahan untuk mengakses dan memposting foto maupun video ini pertama muncul pada tahun 2010. Pada saat itu, Instagram hanya bisa digunakan di hp bersistem operasi iOS yang merupakan sistem operasi kepunyaan Apple. Selang beberapa tahun kemudian barulah Instagram tersedia untuk sistem operasi Android.

Menggunakan Instagram di era yang serba canggih dengan kemajuan teknologi yang sangat cepat seperti saat ini adalah mutlak hukumnya. Instragram bukan lagi dipandang sebagai media sosial saja namun sudah menjelma menjadi gaya hidup. Tak heran, jika hampir semua orang di dunia atau orang-orang terdekat anda memiliki atau setidaknya pernah menggunakan Instagram.

Berselancar di Instagram tentu akan memberikan kepuasan tersendiri. Anda dapat dengan mudah melihat berbagai foto atau video yang diposting oleh akun-akun Instagram yang anda ikuti atau melihat bagaimana kehidupan orang-orang terdekat anda lewat postingan yang mereka unggah. Instagram memberikan anda banyak kemudahan.

Meski memudahkan, ternyata ada beberapa hal negatif yang diakibatkan oleh penggunaan Instagram terlebih jika kita menggunakan Instagram secara berlebihan. Berikut adalah beberapa hal negatif yang diakibatkan jika terlalu sering bermain Instagram.

  • Meningkatkan insekuritas sehingga kita menjadi mudah cemas.
  • Meningkatkan kemungkinan cyber bullying.
  • Menurunkan tingkat kepuasaan hidup.
  • Membuat kecanduan.

Jika anda mengalami hal-hal di atas, itu berarti anda sudah menggunakan Instagram secara berlebihan. Menggunakan Instagram secara berlebihan sendiri sangat tidak direkomendasikan. Maka dari itu, ini lah saat yang tepat bagi anda untuk menonaktifkan akun Instagram anda. Terlepas dari baik buruknya efek yang dihasilkan oleh Instagram, mungkin anda sedang berniat untuk menjauh sedikit dari penggunaan Instagram. Oleh karena itu, mematikan atau menonaktifkan akun anda adalah salah satu cara tepat yang bisa anda terapkan.

Berikut ini kami sajikan cara menonaktifkan Instagram sementara dari hp yang sangat mudah untuk dilakukan. Menonaktifkan Instagram secara sementara tidak akan beresiko besar terhadap akun anda karena nantinya akun anda bisa dikembalikan lagi. Lain halnya dengan menonaktifkan Instagram secara permanen dimana anda tidak akan mungkin mendapatkan akun anda kembali.

Cara Menonaktifkan Instagram Sementara Dari Hp

Anda dapat dengan mudah menonaktifkan akun Instagram melalui hp android yang anda gunakan. Cara di bawah ini bisa anda terapkan di berbagai hp android keluaran vendor ternama seperti Samsung atau Oppo.

  1. Perlu diketahui bahwa cara di bawah ini hanya akan membuat akun Instagram anda dinonaktifkan sementara bukan secara permanen. Jika anda ingin mematikan akun anda dalam tempo waktu yang tidak terlalu lama, silakan ikuti langkah selanjutnya.
  2. Buka browser di hp android gunakan. Gunakan browser yang terpecaya. Kami menyarankan anda untuk menggunakan browser bawaan hp. Alternatif lainnya bisa menggunakan Chrome atau Opera.
  3. Kunjungi situs resmi Instagram. Perlu diingat, jika ingin menonaktifkan akun Instagram sementara, kita tidak bisa melakukannya melalui aplikasi Instagram melainkan melalui situs Instagram.
  4. Jika halaman depan Instagram sudah tertampil, silakan masukkan nama username dan password akun yang anda ingin nonaktifkan sementara.
  5. Setelah berhasil login atau masuk, anda bisa pergi ke menu profil yang letaknya di ujung kanan tool bar Instagram.
  6. Setelah berhasil membuka menu profil, Klik ikon bergambar roda besi yang letaknya di pojok kiri atas. Kemudian klik Edit Profile.
  7. Di menu Edit Profile ini, silakan scroll halaman hingga paling bawah. Disini anda akan menemukan opsi bertuliskan Nonaktifkan sementara akun saya / Temporary disable my account. Anda bisa klik opsi tersebut untuk menonaktifkan Instagram secara non permanen alias sementara.
  8. Setelah opsi berhasil diklik, akan muncul pesan pop up berisikan apakah kita benar-benar ingin menonaktifkan akun kita. Kemudian klik Yes.
  9. Jika sudah berhasil, maka anda akan dialihkan ke halaman utama Instagram yang berarti akun Instagram anda sudah dinonaktifkan.

Cara ini terbukti aman dan ampun untuk menonaktifkan akun Instagram anda secara sementara. Anda dapat menerapkan langkah-langkah di atas di berbagai hp android seperti Xiaomi Redmi Note 7 yang mempunyai akses internet. Anda juga bisa menonaktifkan akun Instagram anda secara sementara melalui PC atau Laptop.

Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Dinonaktifkan

Ingin mengaktifkan kembali akun anda yang sebelumnya sudah dinonaktifkan sementara? Maka, anda bisa menerapkan langkah-langkah di bawah ini. Pastikan jika akun Instagram yang anda nonaktifkan sebelumnya adalah non permanen karena jika akun dinonaktifkan secara permanen, mustahil bagi anda untuk mengaktifkan akun tersebut kembali. Berikut adalah cara mengembalikan akun Instagram yang dinonaktifkan sementara.

  1. Langkah awalnya terbilang sama, anda hanya perlu pergi ke browser yang ada di hp android maupun PC atau Laptop anda.
  2. Pergi ke situs resmi milik Instagram yang link-nya sudah kami sebutkan di atas.
  3. Jika halaman depan Instagram sudah tertampil, anda bisa isikan nama username dan password yang sebelumnya sudah anda nonaktifkan secara non permanen. Pastikan anda ingat betul username dan password akun tersebut. Jika lupa, anda bisa melakukan reset password dengan catatan anda mengetahui akun email maupun nomor hp yang anda daftarkan saat membuat akun tersebut.
  4. Jika berhasil, maka akun yang anda nonaktifkan sebelumnya akan terbuka lagi. Jika tidak berhasil, mungkin anda harus menunggu beberapa hari lagi karena akun Instagram yang dinonaktifkan sementara baru akan terbuka lagi saat sudah genap satu minggu dinonaktifkan.

Sebenarnya cara untuk menonaktifkan Instagram secara sementara atau permanen sangat mudah untuk dilakukan karena tidak membutuhkan software tambahan sehingga sangat aman untuk dilakukan. Yang perlu diperhatikan jika ingin menonaktifkan akun Instagram adalah anda harus tahu betul nama username atau password akun tersebut karena jika tidak, akun anda bisa jadi akan dinonaktifkan permanen oleh pihak Instagram karena Instagram sendiri terkenal akan kebijakannya yang ketat.

Demikian artikel mengenai cara menonaktifkan Instagram sementara dari hp ini kami sajikan untuk anda. Anda bisa menerapkan langkah-langkah di atas di berbagai hp bersistem operasi android maupun iOS seperti Apple iPhone 7 Plus. Semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trick