Sponsors Link

Perbandingan Pocophone F1 vs Realme 3 Pro, Lebih Unggul yang Mana?

Sponsors Link

Pocophone F1 vs Realme 3 ProTak bisa dipungkiri, kemajuan teknologi saat ini membuat banyak produsen hp pintar “kepanasan” sehingga kita dapat dengan mudah menemui berbagai hp pintar bersistem operasi android yang dirilis oleh macam-macam vendor hp pintar kenamaan seperti Samsung, Oppo, atau Vivo.

Dengan pangsa pasar yang luas, siapa pun bisa memiliki hp android. Mulai dari entry level hingga flagship, hp android bisa dengan mudah anda miliki. Hal ini lantas membuat kita bingung akan ponsel mana kah yang ingin kita beli dan tentu saja harus disesuaikan dengan budget yang kita miliki.

Jika anda sudah bosan dengan hp-hp pintar besutan vendor yang sepak terjangnya sudah lumayan lama seperti contohnya Sony, maka anda mungkin akan tertarik untuk meminang hp android keluaran vendor yang terbilang baru seperti Pocophone dan Realme.

Masih asing dengan dua vendor tersebut? Pocophone adalah anak perusahaan dari vendor besar Xiaomi. Nama Xiaomi sendiri sudah sangat terkenal akan rilisan hp pintarnya yang dibanderol dengan harga miring tidak seperti sang kompetitor, Samsung. Pocophone dihadirkan untuk pasar global dan India. Sementara, Realme adalah peranakan dari Oppo, vendor hp android yang terkenal dengan tagline “Selfie Expert“-nya.

Kedua vendor Pocophone dan Realme sama-sama memangsa pasar mid-level yang mana hp hp yang mereka keluarkan memang ditujukan untuk golongan kelas menengah, tidak murah dan tidak mahal. Tak heran jika kini sudah banyak user yang menggunakan hp android rilisan dua vendor tersebut karena punya asal usul yang jelas dan dihargai dengan banderol yang menggiurkan.

Salah satu hp android rilisan Pocophone yang berhasil mencuri perhatian adalah Xiaomi Pocophone F1. Tak hanya Pocophone, Realme pun ikut unjuk taring lewat Realme 3 Pro. Sama-sama bermain di sektor kelas menengah, mungkin banyak dari anda yang dilema akan hp android mana kah di antara kedua vendor tersebut yang harus anda beli.

Bingung mau beli Pocophone F1 atau Realme 3 Pro? Jangan cemas karena kali ini kami akan menghadirkan perbandingan Pocophone F1 vs Realme 3 Pro melalui review jujur sehingga anda bisa menentukan hp android mana kah yang layak untuk dibeli. Penasaran? Ini dia perbandingan Pocophone F1 vs Realme 3 Pro yang harus anda simak.

1. Dapur Pacu

Dapur pacu adalah petimbangan yang paling krusial saat menentukan hp android mana kah yang ingin anda beli. Dari segi dapur pacu, Pocophone F1 dipersenjatai dengan Snapdragon 845 yang terbilang cepat karena Snapdragon 845 sendiri kerap dipakai di hp-hp flagship. Menggunakan Snapdragon 845, tentu tidak akan membuat Pocophone F1 menjadi lag dan lemot. Untuk anda yang berniat menggunakan hp android untuk jangka panjang, Pocophone F1 bisa jadi andalan.

Sementara itu, Realme 3 Pro dipersenjatai dengan Snapdragon 710 yang terbilang lebih rendah dari chipset yang digunakan di Pocophone F1. Sebenarnya oke-oke saja menggunakan Snapdragon 710 namun jika untuk penggunaan jangka panjang, anda tidak bisa menjadikan Realme 3 Pro sebagai andalan.

Dari segi dapur pacu, Pocophone F1 lebih unggul ketimbang Realme 3 Pro karena ia mampu tampil lebih ngebut berkat Snapdragon 845. Meski begitu, baik Pocophone F1 maupun Realme 3 Pro sudah dibekali RAM sebesar 6 GB yang rasanya sudah lebih dari cukup untuk hp android kelas menengah.

2. Kamera

Keberadaan kamera tentu sangat penting pada hp hp pintar bersistem operasi android. Kamera yang canggih pada hp android mampu menjadikan pengalaman ber-selfie ria maupun kegiatan fotografi menjadi lebih menarik. Di Pocophone F1,  punya dukungan kamera yang ternyata lebih rendah daripada Realme 3 Pro. Pocophone harus berpuas diri dengan kamera depan beresolusi 20 MP dan kamera belakang beresolusi 12 MP sedangkan Realme 3 Pro punya resolusi yang lebih besar, 25 MP di kamera depan dan 16 MP di kamera belakang.

Meski begitu, Pocophone F1 sudah dibekali dengan sensor Sony IMX363 yang cukup oke untuk menunjang kamera beresolusi 20 + 12  MP nya. Realme 3 Pro pun tak mau kalah. Realme 3 Pro punya fitur khusus bernama Nightscape and Chroma Boost yang mampu meningkatkan hasil foto.

Dari segi kamera, Realme 3 Pro mampu mengungguli Pocophone F1 berkat resolusi kamera besarnya dan fitur tambahan yang membuat hasil foto menjadi lebih high quality. Tentu pengalaman berfotografi menggunakan Realme 3 Pro akan terasa lebih maksimal jika dibandingkan dengan Pocophone F1. Jika anda mencari hp Xiaomi untuk vlog, Pocophone F1 bisa menjadi pertimbangan Anda.

3. Baterai

Baterai yang besar tentu akan membuat kinerja hp android menjadi maksimal dan tahan lama. Baik Pocophone F1 maupun Realme 3 Pro sama-sama sudah membenamkan baterai dengan kapasitas besar yakni 4000 mAh. Baterai 4000 mAh sendiri cukup oke untuk digunakan pada hp android masa kini karena mampu bertahan seharian dalam pemakaian normal. Dari segitu baterai, Pocophone F1 dan Realme 3 Pro sama-sama imbang karena menghadirkan kapasitas baterai yang beda tipis satu sama lain. Pocophone punya baterai berkapasitas 4000 mAh sedangkan Realme 3 Pro sedikit lebih banyak, yaitu 4045 mAh. Perbedaan keduanya pun tidak signifikan.

4. Harga

Berbicara tentang harga, tentu ini pertimbangan yang sangat besar sebelum anda menentukan hp android mana yang ingin anda beli. Pocophone F1 yang merupakan anak perusahaan dari Xiaomi ternyata punya harga yang lebih mahal ketimbang hp-hp Xiaomi itu sendiri. Tak heran memang karena Pocophone memang ditujukan untuk kalangan yang mencari hp android eksklusif. Pocophone F1 dibanderol mulai Rp. 4.599.000 untuk varian 6 GB RAM + 64 GB ROM. Dengan harga segitu, Pocophone layak bertanding dengan lini A milik Samsung seperti Samsung Galaxy A40. Sementara, Realme 3 Pro dibanderol jauh lebih murah ketimbang Pocophone F1 yaitu Rp. 2.999.000 untuk varian 4 GB RAM + 64 GB ROM. Padahal, dari sektor kamera, Realme 3 Pro mampu mengungguli Pocophone F1. Kedua hp android ini bisa anda temui di gerai-gerai resmi.

5. Kesimpulan

Jika anda punya dana terbatas, Realme 3 Pro sangat layak untuk anda pinang karena punya perbedaan yang beda tipis dengan Pocophone F1 yang dibanderol hingga 1 juta lebih mahal. Terlebih jika anda menyukai kegiatan fotografi, Realme 3 Pro mampu menghasilkan kualitas foto yang lebih baik.

Demikian artikel mengenai perbandingan Pocophone F1 vs Realme 3 Pro kami sajikan dan ulas untuk anda yang sedang bingung memilih antara Pocophone F1 atau Realme 3 Pro. Silakan sesuaikan dengan budget dan kebutuhan anda sebelum membeli.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Review