Sponsors Link

5 Cara Membuka Hp Android yang Terkunci Tanpa Menghilangkan Data

Sponsors Link

Bagaimana cara membuka hp android yang terkunci tanpa menghilangkan data? Saat ini, keamanan smartphone sudah semakin tinggi. Jika sebelumnya hanya menggunakan pembuka layar berupa pola, namun seiring berkembangnya teknologi, maka sudah ada banyak smartphone yang menggunakan fingerprint atau fitur sidik jari untuk membuka smartphone. Kehadiran fitur ini memang sangat membantu dimana hanya sidik jari pemilik smartphone maupun orang yang dipercayakan untuk scan sidik jari di smartphone inilah yang bisa membuka dan mengoperasikan smartphone tersebut.

Bahkan, masih ada teknologi kunci layar yang lebih maju yakni menggunakan face detector maupun juga eye detector. Namun, teknologi ini hanya dimiliki oleh beberapa smartphone kelas atas seperti beberapa smartphone keluaran Samsung maupun juga Xiaomi. Dengan teknologi pengunci layar yang semakin maju, bukan berarti tidak menimbulkan masalah.

Salah satu masalah yang muncul adalah hp android tetap terkunci. Bagi para pengguna fingerprint, kemungkinan fingerprint anda mengalami masalah. Akan tetapi, permasalahan ini sebenarnya lebih umum terjadi bagi mereka yang smartphonenya masih menggunakan pengunci layar berupa pola. Hal ini akan membuat siapapun merasa frustasi, terlebih lagi jika ia harus membalas chat atau membuka file yang begitu penting.

Lalu bagaimana cara membuka hp android yang terkunci tanpa menghilangkan data? Untuk mengetahui informasi tersebut, maka kami menyarankan anda menyimak baik-baik penjelasan yang akan kami bagikan di bawah ini. Dengan begitu, anda bisa kembali membuka smartphone anda tanpa harus menghilangkan atau menghapus data-data penting anda alias melakukan reset.

1. Menggunakan aplikasi Device Manager

Cara membuka hp android yang terkunci tanpa menghilangkan data yang pertama harus anda coba adalah dengan mengunduh aplikasi bernama Device Manager. Aplikasi ini memang menjadi salah satu solusi terbaik dan menjadi pilihan pertama ketika seseorang kesulitan membuka kunci di smartphonenya. Untuk bisa menggunakan Device Manager, maka anda harus memanfaatkan hp teman anda. Selain itu, anda juga bisa menggunakan komputer untuk bisa mengakses Device Manager ini.

Ada hal penting yang harus anda perhatikan. Ketika anda ingin menggunakan Device Manager, maka pastikan anda memiliki akun Google yang sama dengan yang anda gunakan untuk smartphone anda tersebut. Hal ini karena kunci dari penggunaan Device Manager adalah terletak pada akun Google yang digunakan. Kemudian, anda tinggal masuk ke Device Manager dengan mengetiknya di browser anda.

Di sini anda akan mendapatkan tiga pilihan. Yakni Kunci, Deringkan, atau Hapus. Yang harus anda lakukan yakni memilih opsi pertama yaitu Kunci. Jika ternyata Device Manager masih kesulitan menemukan perangkat yang anda gunakan, maka cobalah untuk melakukan refresh atau reload di browser yang anda gunakan sebanyak beberapa kali.

Setelah Device Manager menemukan perangkat anda, maka nanti anda akan diminta memasukkan kata sandi baru untuk menggantikan password lama yang anda gunakan. Setelah selesai mengganti password, maka ketiklah tombol Lock. Setelah itu, anda tunggu kurang lebih sampai 5 menit. Sekarang anda sudah bisa membuka kembali smartphone anda yang terkunci tersebut.

2. Menggunakan Samsung Find My Mobile

Cara kedua yang juga bisa anda manfaatkan untuk membuka hp anda yang terkunci adalah dengan menggunakan Samsung Find My Mobile. Namun, cara ini hanya berlaku bagi anda yang menggunakan hp merk Samsung. Sebenarnya layanan ini juga tidak jauh berbeda dengan Device Manager yang sudah kami sebutkan sebelumnya. Cara yang harus anda lakukan adalah masuk ke browser dan kemudian masuk ke link Samsung Find My Mobile.

Setelah itu, anda harus masuk ke akun Samsung. Ingat, jika sebelumnya anda belum pernah sama sekali melakukan pengaturan terhadap akun Samsung, maka anda tidak akan bisa menggunakan cara ini. Setelah anda berhasil masuk, maka anda harus mengklik Lock my screen yang terdapat di panel sebelah kiri. Kemudian, anda tinggal memasukkan pin dan kemudian anda harus mengklik Lock.

Tunggu sampai 1 sampai dengan 2 menit. Pada tahap ini seharusnya smartphone anda sudah bisa anda ganti dengan PIN baru yang anda masukkan. Cara ini memang terbilang cukup efektif untuk mengatasi hp Samsung yang terkunci tanpa harus melakukan reset dan menghapus data-datanya.

3. Menggunakan Forgot Pattern

Forgot Pattern juga bisa digunakan sebagai salah satu cara membuka hp android yang terkunci tanpa menghilangkna data. Dengan menggunakan fitur ini, nanti akan anda dihadapkan pada dua mode yang bisa anda tentukan sendiri. Yang pertama, anda bisa berusaha membuka kunci layar dengan menjawab beberapa pertanyaan keamanan yang telah disediakan. Selain itu, anda juga bisa diminta memasukkan akun Gmail yang anda gunakan pada smartphone anda tersebut. Jika anda memilih cara kedua, maka nanti Google akan mengirimkan email yang isinya pola untuk membuka kunci yang mana nanti anda bisa langsung mengubahnya. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi hp yang masih menggunakan pola.

4. Memanfaatkan ADB

Untuk cara yang akan kami jelaskan ini hanya dapat digunakan ketika anda sudah mengaktifkan fitur USB Debugging. Selain itu, anda juga sudah memiliki komputer yang sebelumnya telah disambungkan ke perangkat android anda tersebut dengan melalui ADB. Namun, jika ternyata smartphone anda sebelumnya sudah di root maupun juga sudah diinstall custom ROM, maka kemungkinan besar anda tidak bisa menerapkan cara keempat ini.

Anda perlu menghungkan perangkat android ke komputer melalui kabel USB. Setelah itu, anda tinggal masuk ke CMD yang ad di direktori instalasi ADB anda. Kemudian, anda ketik adb shell rm /data/system/gesture.key dan lalu anda klik Enter. Setelah itu, anda bisa melakukan reboot dan tunggulah beberapa saat. Seharusnya smartphone anda sudah bisa digunakan kembali sebagaimana mestinya.

5. Menggunakan Safe Mode

Cara membuka hp android yang terkunci tanpa menghilangkan data yang terakhir adalah dengan safe mode. UNtuk masuk ke safe mode memang bermacam-macam, tergantung merk hp yang anda gunakan. Namun umumnya menggunakan tombol kombinasi Power dan Volume (atas atau bawah) sesaat setelah anda merestart smartphone anda. Melalui safe mode, maka kunci layar yang berasal dari pihak ketiga akan dimatikan sehingga anda bisa melakukan uninstall atau merubah kuncinya dan kemudian anda tinggal reboot.

Demikian cara membuka hp Android yang terkunci tanpa menghilangkan data. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trick
Search
GADGET INFO

Kamu ada rencana ingin menjual hpmu tapi takut diberi harga murah? Lakukan hal-hal ini untuk mengetahui performa hpmu, layak atau tidak dijual dengan harga tinggi.