Sponsors Link

Kenapa Tidak Bisa Download di Play Store Padahal Memori Kosong?

Sponsors Link

Kenapa tidak bisa download di Playstore padahal memori kosong? Play Store merupakan salah satu toko aplikasi yang menyediakan berbagai macam aplikasi bagi para pengguna android. Berbagai merk smartphone seperti Xiaomi, Samsung, ASUS, Vivo, dan semuanya yang menggunakan sistem operasi android sudah tentu mereka akan mendapati Play Store telah terinstall di hpnya.

Banyak aplikasi yang bisa anda download di Play Store. Aplikasi tersebut bermacam-macam, mulai dari aplikasi chat terbaik android, aplikasi android untuk olahraga, aplikasi musik, dan lain sebagainya. Anda tinggal mencari aplikasi yang anda inginkan dan Play Store akan menyediakan banyak sekali aplikasi untuk referensi anda. Yang perlu anda lakukan adalah dengan mendownload aplikasi tersebut dan proses pemasangan akan berlangsung secara otomatis.

Lalu bagaimana jika ternyata kita tidak bisa download di Play Store? Salah satu penyebab kita tidak bisa download adalah karena memori penuh. Namun bagaimana jadinya jika ternyata memori smartphone kita kosong alias masih memiliki banyak ruang penyimpanan namun tetap saja tidak bisa download di Play Store? Untuk menjawab hal tersebut maka di bawah ini akan kami berikan penjelasannya secara lengkap untuk anda. Dengan memahami informasi yang kami bagikan diharapkan bisa membantu anda yang mungkin saat ini mengalami permasalahan tersebut sehingga membuat anda merasa frustasi.

1. Hapus cache pada seluruh aplikasi anda

Meskipun kondisi memori penyimpanan masih banyak, namun ketika aplikasi yang terinstall di smartphone anda memiliki banyak cache, maka barangkali hal ini menjadi salah satu penghambat anda mendownload aplikasi di Play Store. Sebenarnya chache pada aplikasi memiliki manfaat alias bernilai positif. Anda tidak perlu menunggu lama ketika anda ingin berpindah ke aplikasi awal setelah sebelumnya anda membuka aplikasi atau halaman yang lainnya.

Namun, kebanyakan cache pada smartphone juga tidak baik. Salah satu dampak negatif dari menumpuknya cache adalah menjadi salah satu penyebab hp lemot saat membuka aplikasi. Selain itu, anda juga akan kesulitan menjalankan aplikasi lainnya secara maksimal padahal aplikasi yang anda buka tersebut memiliki kapasitas yang tidak terlalu besar. Jika sudah seperti ini, maka anda harus mulai memikirkan cara mengatasinya.

Yang harus anda lakukan yaitu dengan menghapus seluruh cache yang ada pada smartphone. Bagaimana caranya? Ada dua cara yang bisa anda lakukan. Pertama menggunakan cara langsung dari pengaturan smartphone. Kedua anda bisa menggunakan aplikasi yang memang berfungsi membersihkan cache maupun file sampah.

Anda tinggal masuk ke pengaturan dan pilih aplikasi yang anda inginkan. Nanti anda akan menemukan pilihan Hapus Cache dan tinggal anda tekan saja. Jika menggunakan aplikasi pembersih bawaan smartphone, anda bisa langsung membuka aplikasi tersebut dan tinggal klik bersihkan atau Cleantergantung menu yang tersedia pada aplikasi tersebut.

2. Anda harus menguninstall Google Play Service

Cara kedua yang juga bisa anda lakukan untuk mengatasi tidak bisa download di Play Store adalah dengan melakukan uninstall terhadap Google Play Service. Mungkin anda sudah paham bahwa Google Play Service selalu berhubungan dengan Google Play Store. Jika Google Play Service mengalami masalah, maka kemungkinan juga akan membuat Play Store anda mengalami masalah.

Ketika masalah tersebut tidak kunjung anda atasi, maka bisa berdampak pada tidak bisa downlaod di Play Store padahal kondisi memori anda masih kosong. Maka dari itu, anda harus mulai dengan memperbaiki Google Play Service. Yang harus anda lakukan adalah dengan mengunsinstall-nya. Di bawah ini akan kami berikan beberapa langkah yang harus anda ikuti ketika hendak menguninstall Google Play Service.

  • Pertama, anda harus masuk ke Menu Settings dan kemudian anda pilih Aplikasi atau Applications.
  • Kedua, anda harus mencari Google Play Service. Jika sudah ketemu, maka cobalah anda melakukan clear cache sebelum mulai menguninstallnya.
  • Ketiga, setelah anda sudah selesai melakukan pembersihan cache, maka sekarang anda harus mencoba download aplikasi di Play Store. Jika berhasil, maka anda tidak perlu melakukan uninstall.
  • Keempat, jika ternyata anda masih tidak bisa download di Google Play Service, maka yang harus anda lakukan adalah dengan memilih Uninstall Updates yang berguna untuk menonaktifkan Google Play Service.
  • Kelima, setelah semua proses tersebut sudah anda lakukan, maka selanjutnya anda tinggal melakukan restart terhadap smartphone anda.
  • Setelah itu, cobalah untuk mulai mendownload kembali aplikasi di Play Store.

3. Menghapus proxy

Jika kedua cara di atas masih belum bisa membantu anda mendownload di Play Store, maka cara ketiga yang akan kami jelaskan kepada anda yakni dengan menghapus proxy. Biasanya masalah proxy  akan ditandai dengan pesan yang mengindikasikan terjadinya error, baik itu error 403 maupun 491. Jika anda mengalami permaslahan seperti ini, maka cara yang harus anda lakukan adalah menghapus proxy. Di bawah ini akna kami berikan carnaya untuk anda.

  • Pertama anda harus masuk ke menu pengaturan yang ada di smartphone. Setelah itu anda pilih More.
  • Kedua, anda harus memilih mobile network dan kemudian anda pilih access point name.
  • Ketiga, anda tentukan APN atau access point name mana yang anda gunakan. Setelah itu, anda tinggal menghapus pada kolom proxy dan juga port-nya.
  • Keempat, anda harus menyimpan pengaturan tersebut dan cobalah untuk melakukan download kembali di Play Store.

4. Download di toko aplikasi lain

Cara keempat yang juga bisa menjadi solusi untuk anda adalah dengan mendownload di toko aplikasi Android selain Play Store. Perlu anda tahu bahwa sebenarnya toko aplikasi bukan hanya terbatas pada Play Store maupun App Store. Ada banyak toko aplikasi lain yang bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan aplikasi yang anda inginkan.

Toko aplikasi tersebut juga tidak kalah lengkap dan bahkan ada beberapa toko aplikasi yang masih menyediakan aplikasi versi lama yang biasanya dimanfaatkan oleh pengguna yang tidak support dengan aplikasi yang sudah diupdate. Anda tinggal memilih mana aplikasi yang anda inginkan dan anda tinggal mendownloadnya saja.

Demikian informasi seputar solusi tidak bisa download di Play Store padahal memori kosong. Jika masih tidak bisa, maka cara yang juga bisa anda coba adalah dengan melakukan root terhadap smartphone anda. Bisa juga anda lakukan reset dengan mengembalikan seperti kondisi semula. Namun pastikan anda telah memback-up data-data anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trick
Search
GADGET INFO

Kamu ada rencana ingin menjual hpmu tapi takut diberi harga murah? Lakukan hal-hal ini untuk mengetahui performa hpmu, layak atau tidak dijual dengan harga tinggi.