Sponsors Link

6 Perbandingan HP Samsung A20 dan M20, Mana yang Terbaik?

Sponsors Link

perbandingan samsung a20 dan m20Ketika membahas perbandingan hp Samsung A20 dan M20 Anda akan menjatuhkan pilihan Anda kemana? Tidak bisa dipungkiri bahwa Samsung melakukan gebrakan besar-besaran di ponsel kelas menengah ke bawah. Tidak main-main, perusahaan yang bermarkas di Korea ini mengeluarkan berbagai macam produk smartphone kelas menengah ke bawah dengan harga yang tentunya terjangkau.

Salah satunya adalah mereka mengeluarkan Samsung A20 dan Samsung Galaxy M20. Memang kedua smartphone ini bukan termasuk saudara dekat karena beda seri dan tipe. Akan tetapi, keduanya memiliki persamaan yakni dijual dengan harga yang terjangkau dan keduanya pun memiliki perbedaan harga yang tidak terlalu signifikan. Mereka hanya membandrol Samsung A20 dan Samsung M20 dengan harga sekitar 3 juta. Tentunya hal ini memberikan kesan bahwa Samsung nampaknya mulai lebih fokus pada kalangan menengah ke bawah.

Jika tidak, perusahaan smartphone lain seperti Xiaomi, Vivo, Oppo, maupun yang lainnya yang memang sudah berfokus di kalangan menengah ke bawah akan semakin melejit namanya dan kemungkinan Samsung akan ditinggalkan jika sampai tidak fokus pada konsumen kalangan menengah juga. Dengan membahas perbandingan hp Samsung A20 dan M20 bisa mempermudah Anda menentukan kira-kira mana yang lebih baik. Dengan begitu, Anda tidak perlu membuat waktu Anda memikirkan dan menentukan mana ponsel yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Layar

Seperti biasa, pembahasan pertama akan kita mulai dari membandingkan kedua layar ponsel pintar ini. Sekilas memang kedua smartphone ini memiliki desain layar yang tak jauh berbeda. Mereka sama-sama telah menggunakan layar Infinity V Display yang merupakan model layar yang saat ini mulai banyak digunakan. Baik Samsung A20 dan Samsung M20 juga sama-sama memiliki layar dengan ukuran yang hampir sama.

A20 memiliki layar  berukuran 6,4 inci sementara M20 dilengkapi dengan layar yang berukuran 6,3 inci. Perbedaan yang hanya 1 inci ini tentu tidak begitu terasa dan mungkin beberapa orang malah mengira bahwa kedua ponsel pintar ini memiliki ukuran layar yang sama. Sementara itu, untuk tipe layar yang digunakan oleh keduanya masih sama, yakni menggunakan Super AMOLED yang sudah kita tahu bersama keunggulan layar AMOLED dibandingkan jenis layar yang lainnya.

Akan tetapi, A20 memiliki kelemahan di bagian resolusi layar. Ya, meskipun dibekali dengan ukuran layar yang lebih besar, nyatanya A20 masih memiliki resolusi yang lebih rendah jika dibandingkan dengan Samsung M20. Jadi, secara teknis Samsung M20 memiliki keunggulan mampu menampilkan gambar yang lebih jernih dan detail sehinga membuat Anda bisa melihatnya dengan jelas.

2. Chipset

Pembahasan yang kedua antara Samsung A20 dan Samsung M20 adalah pada bagian chipsetnya. Di atas kertas, M20 diketahui memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan A20. Hal ini bisa terlihat dari spesifikasi chipset yang dimilikinya dimana chipset M20 adalah Exynos 7904 sementara yang dimiliki oleh A20 adalah 7884. Jadi tidak heran jika Samsung M20 memiliki kinerja yang lebih baik dan lebih handal, terutama untuk bermain game.

Artinya, Samsung M20 merupakan hp Samsung yang cocok untuk game PUBG dan akan membuat game-game yang biasanya Anda mainkan tidak akan menyebabkan smartphone Anda mengalami masalah. Bahkan, kecepatan maksimal yang dimiliki oleh chipset A20 hanya mampu menandingi kecepatan biasa yang dimiliki oleh chipset dari Samsung M20.

3. Sistem operasi

Meskipun kedua smartphone ini hadir dengan rentang waktu yang tidak terlalu jauh, namun ternyata keduanya dilengkapi dengan sistem operasi yang jauh berbeda. Bisa dikatakan bahwasanya Samsung A20 lebih beruntung dibandingkan dengan saudaranya tersebut. Alasannya karena smartphone yang satu ini sudah mengunakan One IU yang merupakan sistem operasi terbaru dengan segala keunggulan di dalamnya.

One IU bukan hanya menggunakan Android 9 Pie, sistem operasi yang satu ini memang dibuat secara khusus agar lebh bersahabat kepada pengguna. Ketika Anda menggunakan A20, Anda akan mengetahui dan merasakan betapa bagusnya tampilan yang dimilikinya dan juga kemudahan ketika menggunakan smartphone yang satu ini. Jadi, Anda akan betah ketika mengoperasikan smartphone tersebut.

4. Baterai

Perbandingan hp Samsung A20 dan M20 yang keempat yaitu berkaitan dengan baterainya. Pembahasan seputar baterai memang merupakan bagian yang tak boleh dilewatkan. Banyak orang yang mencari smartphone dengan kapasitas baterai yang lebih besar karena akan membuat mereka nyaman ketika menggunakannya dalam waktu yang lama, seperti bermain game.

Baik Samsung A20 dan Samsung M20 juga berfokus pada spesifikasi baterainya. Meskipun begitu, ternyata A20 dilengkapi dengan baterai yang berukuran kecil dibandingkan dengan M20. Untuk baterai A20 sebesar 4000 mAh dan untuk Samsung M20 sebesar 5000 mAh. Tentu saja dengan kapasitas 5000 mAh akan membuat Anda sangat nyaman dan tidak perlu khawatir mencari colokan untuk mengisi dayanya.

Akan tetapi perlu diingat juga bahwasanya A20 juga memiliki kapasitas baterai yang cukup untuk kegiatan sehari-hari Anda. Terlebih lagi kedua smartphone ini juga sudah mengusung teknologi hemat baterai sehingga bisa digunakan dalam waktu yang lama.

5. Kamera

Sekarang kita akan membahas mengenai kamera yang dimiliki oleh kedua hp ini. Pembahasan seputar kamera juga tak kalah penting karena pada sektor inilah para pembeli memikirkan dan menentukan apakah smartphone tersebut memang layak untuk dibawa pulang atau tidak. Terlebih bagi para wanita yang akan lebih dahulu mengetahui spesifikasi kamera dibandingkan mempertimbangkan sektor yang lainnya.

Kamera utama dan kamera depan dari Samsung A20 adalah 13 MP + 5 MP dan 8 MP. Sementara itu, kamera utama dan kamera depan yang dimiliki oleh Samsung M2o masing-masing 13 MP + 5 MP dan 8 MP. Artinya, dari sektor kamera kedua smartphone ini memiliki spesifikasi dan kualitas kamera yang sama.

6. Media penyimpanan

Media penyimpanan juga hal lain yang juga diperhatikan ketika membeli smartphone. Sama halnya dengan perbandingan kamera, ternyata kedua ponsel pintar ini telah dilengkapi dengan media penyimpanan yang sama. Mereka sama-sama menggunakan RAM berkapasitas 3 GB dan ROM yang berkapasitas 32 GB. Keduanya pun juga sudah menyediakan slot memori eksternal yang nanti bisa diupgrade hingga mencapai 512 GB. Dengan kapasitas tersebut Anda tidak perlu khawatir menyimpan file-file Anda.

Demikian perbandingan Samsung Hp Samsung Galaxy A20 dan M20. Semunya sama-sama bagus, namun Samsung M20 lebih menawarkan baterai yang daya tahannya lebih lama. Semua kembali ke kebutuhan pengguna dan budged yang ada.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Review