Sponsors Link

6 Aplikasi Time Lapse Android dan Cara Penggunaannya

Sponsors Link

Bagi para pecinta fotografi dan videografi, pastinya tak asing lagi lagi dengan salah satu istilah bernama time-lapse. Time-lapse merupakan sebuah video dari penggabungan gambar yang dipotret dari sudut sama secara berurutan dalam waktu tertentu.

ads

Berbeda dengan cara berbagi wifi sesama android, tujuan dari pembuatan video time lapse yaitu untuk merekam pergerakan dan juga perubahan objek yang terjadi dengan lambat, akan tetapi hasilnya dapat dilihat dalam waktu yang singkat. Contohnya yaitu merekam proses metamorfosa ulat menjadi kupu-kupu, suasana kota, pergerakan awan di langit, dan lain sebagainya.

Sekarang ini, membuat video time-lapse bisa menggunakan smartphone, bagi kamu yang hendak mencoba membuat video time-lapse dengan memanfaatkan ponsel bisa menggunakan aplikasi yang bisa didapatkan melalui Google Play Store. Berikut merupakan daftar aplikasi time lapse Android, antara lain :

  1. Lapse It Time Lapse Camera

Aplikasi time-lapse android yang bisa kamu dapatkan melalui ponsel yaitu Lapse it Time Lapse Camera, aplikasi ini terbilang sangat populer. Penggunaan serta pengaturannya pun sangat mudah, selain itu aplikasi satu ini memiliki fitur untuk membuat video time-lapse kamu menjadi lebih keren. Tuangkan kreativitas yang kamu miliki menggunakan aplikasi lapse it ini, dan selamat berkreasi.

2. Microsoft Hyperlapse Mobile

Aplikasi berikutnya yaitu Microsoft hyperlapse mobile, aplikasi buatan Microsoft corporation satu ini memang tak perlu  diragukan lagi kualitasnya. Dengan menggunakan aplikasi satu ini kamu hanya butuh merekam video yang disukai dengan menggunakan ponsel Android, selanjutnya menggunakan Microsoft Hyperlapse mobile untuk meningkatkan kecepatan video.

Salah satu fitur yang ditawarkan aplikasi ini adalah kehalusan gerakan dalam video time-lapse yang di buat, sehingga gerakan tak terlihat kaku atau aneh. Microsoft hyperlapse mobile juga mampu mempercepat video tanpa menimbulkan goyangan pada waktu merekam video. Selain itu, aplikasi satu ini memiliki fitur untuk memperpendek sebuah klik video dengan durasi panjang yang kemudian bisa di bagikan ke jejaring sosial.

3. Time Lapse

Sudah tahu kan, dari namanya saja aplikasi ini digunakan untuk membuat video time lapse. Aplikasi ini sangat cocok untuk smatphone yang mendukung resolusi 4K, contohnya ponsel dengan merk Sony Xperia.  Time-lapse merupakan aplikasi video pertama yang sudah mendukung video 4K. Aplikasi ini juga sangat cocok bagi kamu yang enggan repot pada waktu menggunakan fitur video time-lapse, karena terdapat pengaturan fast, faster, dan fastest dan juga tombol rekam. Setelah proses perekaman usai, kamu juga bisa berbagai video yang sudah dibuat dengan fitur share.

4. Time Movie

Time Movie ini cocok bagi para profesional, karena aplikasi ini memiliki pengaturan lebih detail di bandingkan dengan aplikasi time lapse, contohnya resolusi, efek mirror dan juga kualitas video. Aplikasi ini juga sudah mendukung untuk memutar hasil rekaman dengan cara memperlambat kecepatan dan juga bisa untuk menyamatkan lagu kedalam video.

5. Time Lapse Video Recorder

Aplikasi time lapse android berikutnya adalah Time Lapse Video Recorder. Aplikasi untuk membuat video time-lapse ini mempunyai tampilan yang bisa dibilang sederhana,meskipun tampilannya sederhana namun fitur yang di miliki tak bisa disepelekan. Time-lapse video recorder memiliki fitur yang banyak dan lengkap, misalnya kamu bisa melakukan banyak pengaturan contohnya durasi, rotasi, resolusi, frame rate, interval dan lain sebagainya. Aplikasi ini sangat recommended bagi kamu yang sudah ahli alias expert membuat video time-lapse.

6. Framelapse – Time Lapse Camera

Salah satu aplikasi yang tak boleh dilewatkan untuk membuat video time-lapse adalah Framelapse – Time Lapse Camera. Perangkat lunak ini merupakan salah satu pembuat time-lapse yang terbaik di Android, dan tentunya bisa disematkan di smartphone milik kamu. Aplikasi ini memiliki pengaturan mulai dari 0,1 detik hingga 60 detik, selain itu kamu juga bisa mengatur resolusi video sesuai dengan keinginan. Penggunaan aplikasi ini terbilang sangat mudah, jadi cocok bagi kamu yang mau belajar membuat video time-lapse.


Framelapse – Time Lapse Camera memiliki banyak fitur yang bisa digunakan, selain itu aplikasi ini dapat menghasilkan video dengan format MP4 dengan kualitas tinggi yang support untuk diputar di perangkat apa pun. Akan tetapi, bagi kamu yang masih menggunakan Android dengan prosesor MediaTek harus gigit jari lantaran aplikasi ini tidak dapat di gunakan di versi tersebut.

Mungkin, dari semua aplikasi time-lapse Android yang sudah disebutkan tadi dapat digunakan 100 % secara gratis, terdapat beberapa aplikasi yang mengharuskan kamu untuk melakukan pembelian full versi melalui In-App Purchase. Selain itu terdapat beberapa aplikasi time lapse yang tak bisa digunakan pada versi Android lawas, maka itu kamu harus pandai-pandai memilih aplikasi yang cocok dengan spesifikasi smartphone kamu ya. Untuk menunjang dunia videografimu ada baiknya mengetahui aplikasi pemotong video Android, aplikasi edit video vlog di Android, dan aplikasi edit video untuk cover lagu.

Langkah-langkah pembuatan video time-lapse yang baik, antara lain :

  • Perencanaan. Tahap awal ini sangat penting sebelum memulai melakukan pembuatan video time-lapse. Ada baiknya kamu menentukan tema, lokasi, objek, dan juga durasi video yang akan dibuat dengan baik.
  • Pastikan persediaan baterai penuh. Setelah melakukan perencanaan, jangan lupa untuk mengisi baterai smartphone kamu dengan penuh. Isi penuh daya baterai ponsel kamu atau bisa mencolokkan telepon pintar milikmu ke powerbank bila proses perekaman membutuhkan durasi yang lebih lama.
  • Gunakan Tripod. Penggunaan tripod akan membatu menjaga posisi ponsel kamu tetap berada di posisi awal dalam waktu yang lama. Tripod merupakan salah satu senjata paling ampuh dalam pembuatan video time-lapse, maka jangan lupakan alat satu ini ya.
  • Pilih Angle paling terbaik. Saat proses perekaman video time-lapse berlangsung, kamu tak akan bisa lagi merupakan posisi kamera ponsel. Bahkan, sangat dianjurkan untuk meminimalisir menyentuh smartphone Android pada saat perekaman. Maka itu, pemilihan angle kamera terbaik wajib didapatkan.
  • Pengaturan Kamera. Jangan lupa untuk mengatur resolusi kamera, fiter, white balance, ISO, exposure, dan lainnya sesuai kebutuhan. Fokus kamera juga wajib diperhatikan ya. Sediakan memori yang cukup juga, bila penyimpanan ponsel kamu terbatas bisa menggunakan macam-macam cloud strorage untuk smartphone.

Demikian penjelasn mengenai Aplikasi Time Lapse Android yang bisa dicoba agar video kamu lebih menarik. Selamat mencoba.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Aplikasi