Sponsors Link

6 Perbandingan Hp Oppo A3S dan A83, Mana Yang Terbaik?

Sponsors Link

oppo a3s dan oppo a83Oppo yang merupakan salah satu brand terkenal asal Tiongkok memang seolah-olah tidak kehabisan akal untuk membuat berbagai inovasi demi kepuasan para pelanggannya. Kali ini, Oppo mengeluarkan sebuah produk yang digadang-gadang menjadi salah satu produk yang akan banyak mendapatkan perhatikan para pecinta smartphone kelas menengah ke bawah. Ya, produk tersebut diberi nama Oppo A3s. Jika anda memperhatikan, memang sekilas tampilan dari smartphone yang satu ini tidak jauh berbeda dengan Oppo F7 atau juga iPhone X yang pada bagian layarnya mengusung konsep notch.

ads

Selain itu, Oppo A3s juga dilengkapi dengan Qualcomn. Seperti yang kita tahu bahwa ia terkenal sebagai chipset yang minim alias hemat konsumsi baterai sehingga tidak heran jika smartphone ini bisa bertahan dalam waktu yang lama dibandingkan dengan merk smartphone lainnya yang spesifikasinya hampir mirip dengan Oppo A3s. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa Oppo A3s banyak mendapatkan apresiasi para konsumen.

Di sisi lain, Oppo juga telah mengeluarkan produk mereka yang juga tidak kalah mengagumkan dengan Oppo A3s, yakni Oppo A83. Smartphone ini juga hadir dengan beberapa keunggulan yang akan membuatnya diramalkan akan langsung mengambil hati para konsumen yang menginginkan smartphone dengan spesifikasi yang tinggi, namun memiliki harga yang tidak terlalu mahal. Bagi anda yang penasaran ingin tahu perbandingan Oppo A3s dan A83, maka silahkan anda simak baik-baik penjelasan yang akan kami berikan di bawah ini:

1. Layar

Pembahasan pertama kita akan dimulai dari layar kedua smartphone tersebut. Untuk Oppo A3s, ia dibekali dengan layar yang berukuran 6,2 inci yang sudah beresolusi HD plus. Selain itu, Oppo A3s juga mengusung teknologi IPS serta aspek rasionya yang mencapai 19:9. Sementara itu, untuk Oppo A83, ia dilengkapi dengan layar yang berukuran 5,7 inci dengan aspek rasio yang mencapai 18:9. Ia juga mengusung teknologi layar yang sama dengan Oppo A3s yakni IPS. Kesimpulannya, untuk ukuran layar memang Oppo A3s lebih baik jika dibandingkan dengna Oppo A83. Namun, hal ini masih belum bisa dijadikan sebagai bukti bahwasanya Oppo A3s lebih baik jika dibandingkan dengan Oppo A83. Hanya saja, Oppo A3s memiliki ukuran layar dan rasio yang lebih besar daripada Oppo A83.

2. Hardware

Pembahasan yang kedua adalah berhubungan dengan spesifikasi hardware atau perangkat keras yang ada pada Oppo A3s maupun juga Oppo A83. Adapun untuk kapasitas dari memori internal dari masing-masing smartphone tersebut, mereka sama-sama memiliki kapasitas sebesar 32 GB. Namun, perbedaan terasa lebih kental pada bagian RAM dan juga chipset yang digunakan.

Oppo A3s memiliki kapasitas RAM sebesar 3 GB dengan chipsetnya menggunakan Qualcomn Snapdragon seri 450 (octa core). Dengan begitu, smartphone ini memerlukan konsumsi daya baterai yang lebih sedikit. Sementara itu, untuk RAM yang ada pada Oppo A83 adalah sebesar 4 GB dengan chipsetnya MediaTek Helio seri P23 (octa core).

Kali ini, Oppo A83 bisa dikatakan lebih unggul jika membahas performa sehingga sangat cocok dijadikan sebagai salah satu jenis hp yang cocok untuk game berat. Akan tetapi, untuk anda yang merupakan pengusaha atau orang yang kesehariannya memiliki jadwal padat dan jarang bisa mengecas, maka tentu Oppo A3s lebih unggul karena ia lebih memerlukan konsumsi baterai yang sedikit.

3. Kamera

Jika berbicara mengenai smartphone Oppo, tentu tidak lepas dari pembahasan yang berhubungan dengan kamera. Hal ini dikarenakan smartphone Oppo termasuk Hp yang kameranya mirip iPhone sehingga banyak yang menggunakan Oppo dibandingkan brand yang lainnya. Untuk kamera yang ada pada Oppo A3s adalah 13 MP ditambah 2 MP karena smartphone ini menggunkana double camera.

Sementara untuk Oppo A83, ia hanya menggunakan single kamera sehingga kameranya hanya sebesar 13 MP. Untuk front camera atau kamera depan dari kedua smartphone ini adalah sama-sama memiliki 8 MP, ditambah lagi dengan fitur yang bernama A.I Beauty Recognition. Tentu, bagi anda yang hobi foto akan lebih memilih Oppo A3s dibandingkan dengan Oppo A83. Meskipun pada dasarnya perbedaan tersebut bukan merupakan perbedaan yang signifikan, karena sudah ada fitur A.I Beauty Recognition tersebut.

4. Baterai

Perbandingan Hp Oppo A3s dan A83 yang keempat adalah berkaitan dengan baterai yang ada pada masing-masing smartphone tersebut. Seperti yang kami jelaskan di awal bahwasanya Oppo A3s lebih awet penggunaannya sehingga anda tidak perlu mempelajari cara mengecas baterai tanam agar awet. Dan untuk kapasitas baterai dari Oppo A3s adalah sebesar 4239 mAh.


Sementara itu, kapasitas baterai yang ada pada Oppo A83 adalah sebesar 3180 mAh. Hal ini membuktikan bahwa dari segi kapasitas baterai, maka Oppo A3s lebih unggul. Terlebih lagi, bahwasanya Oppo A3s lebih sedikit konsumsi daya baterainya sehingga sangat cocok digunakan untuk bepergian seharian tanpa harus khawatir menemukan colokan atau membawa power bank. Alasan inilah mengapa Oppo A3s lebih banyak digunakan oleh seseorang yang memang memiliki kesibukan setiap harinya tanpa sempat mengecas smartphonenya tersebut.

5. Fitur

Jika membahas smartphone, tentu perbandingan yang tidak kalah penting adalah berkaitan dengan apa saja fitur yang disematkan pada smartphone tersebut. Kedua produk Oppo ini sudah sama-sama dilengkapi Wi-Fi, GPS, Port USB, dan juga Bluetooth. Akan tetapi, salah satu yang menjadi kekurangan dari kedua smartphone ini adalah tidak adanya fitur fingerprint atau sidik jari. Padahal, fitur tersebut hampir ada di seluruh smartphone keluaran terbaru.

Kemudian, untuk masalah sistem operasi yang digunakan pada Oppo A3s adalah ColorOS 5.1 dengan berbasiskan Android versi 8 yakni 8.1 Oreo. Untuk Oppo A83, ia masih menggunakan ColorOS 3.2 dengan berbasiskan pada Android 7.1 Nougat. Tentu hal ini mengindikasikan bahwasanya smartphone Oppo A3s memiliki sistem operasi android yang terbaru dibandingkan dengan Oppo A83.

6. Harga

Perbandingan Hp Oppo A3s dan Oppo A83 yang terakhir adalah mengenai harga yang harus anda keluarkan jika ingin mendapatkan smartphone tersebut. Harga yang harus anda keluarkan untuk membeli Oppo A3s adalah sebesar Rp. 2.7 juta. Harga ini pun juga sama ketika anda membeli Oppo A83. Meski memiliki harga yang sama, namun performa dan fiturnya tentu berbeda.

Itulah perbandingan hp Oppo A3s dan Oppo A83, kalau dilihat dari spesifikasinya Oppo A3s lebih unggul. Tapi semua kembali ke kebutuhan masing-masing pengguna. Semoga info ini bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Review