Sponsors Link

4 Cara Mengatasi SIM Card Terdeteksi Tapi Tidak Ada Sinyal

Sponsors Link

Apakah anda tahu bagaimana cara mengatasi SIM Card terdeteksi tapi tidak ada sinyal? Masalah ini memang menjadi salah satu masalah yang kerap kali membuat siapapun merasa jengkel, terutama bagi anda yang menggunakan smartphone Android. Seperti yang kita tahu bahwa SIM Card memiliki kegunaan sebagai salah satu alat berkomunikasi karena di dalamnya mengandung nomor dan juga paket internet yang memang menjadi sumber utama bagi anda yang hendak berkomunikasi dengan orang lain.

ads

Jika ternyata smartphone anda tidak ada sinyal atau SIM Card tidak terdeteksi, maka tentu saja anda tidak akan bisa melakukan panggilan atau mengirimkan pesan kepada orang lain. Memang meskipun tidak ada sinyal, namun nanti anda masih bisa menghubungi panggilan darurat. Akan tetapi, hal tersebut tentu bukan merupakan solusi karena tidak semua orang akan melakukannya.

Salah satu permasalahan yang kerap dialami pada SIM Card yakni SIM Card terdeteksi tapi tidak ada sinyal. Kondisi seperti ini akan membuat siapapun merasa jengkel. Apalagi jika sedang terburu-buru atau sedang ingin menelpon orang penting. Namun anda tidak perlu khawatir karena kali ini kami akan menjelaskan tentang hal tersebut kepada anda. Dan sebelum itu, simak baik-baik penjelasan yang telah kami siapkan sebelumnya yakni cara mengatasi iCloud tidak dapat masuk karena jumlah maksimal dan juga hp android yang support fortnite.

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara mengatasinya, penting bagi anda untuk terlebih dahulu mengetahui apa saja hal-hal yang menyebabkan SIM Card anda tersebut tidak ada sinyal. Beberapa penyebab umum yang sering ditemukan antara lain seperti di bawah ini:

  • Mode Pesawat
  • Pengturan jaringan yang salah
  • Smartphone error
  • SIM Card yang memang gangguan dari ISP, dan lain sebagainya

Setelah anda mengetahui apa saja penyebab mengapa SIM Card terdeteksi tapi tidak ada sinyal, maka silahkan di bawah ini anda simak baik-baik mengenai bagaimana langkah atau cara yang harus anda lakukan untuk memperbaikinya.

1. Masuk ke mode pesawat

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan masuk ke Mode Pesawat. Seperti yang sudah kami jelaskan di awal bahwa salah satu penyebab SIM Card mengalami masalah adalah karena sebelumnya mungkin tanpa sadar anda maupun orang lain telah mengubah pengaturan jaringan menjadi Mode Pesawat atau Airplane Mode meskipun terkadang Mode Pesawat off tapi SIM tetap tidak ada sinyal. Mode tersebut memang akan mematikan seluruh jaringan pada smartphone anda sehingga nanti anda hanya akan melihat tampilan ikon pesawat. Mode inilah yang sering digunakan ketika anda berada di dalam pesawat terbang.

Langkah yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Pertama, anda harus masuk ke Mode Pesawat dan kemudian anda aktifkan mode tersebut.
  • Kedua, anda harus tetap membiarkan agar smartphone anda berada di dalam Mode Pesawat selama kurang lebih 5 menit.
  • Ketiga, anda masuk ke pengaturan Mode Pesawat lagi dan kemudian anda non aktifkan.
  • Pada tahap ini nantinya sistem pada android akan secara otomatis mencari sinyal yang sesuai dengan SIM Card.

2. Restart Smartphone

Jika cara pertama tidak berhasil, maka cara kedua bisa menjadi alternatif untuk anda dan mungkin cara ini merupakan cara paling cepat dan simpel yang bisa anda lakukan. Memang salah satu penyebab mengapa tidak ada sinyal adalah karena mungkin sebelumnya ada berada di lokasi yang memang di sana SIM Card anda tidak mendukung sinyal di daerah tersebut. Dan ketika anda berpindah ke tempat lain, SIM Card masih tidak terdeteksi karena mungkin sitem pencarian sudah otomatis berhenti dikarenakan sedari awal sudah berusaha mencari sinyal untuk SIM Card anda.

Maka dari itu, restart smartphone merupakan langkah yang tepat yang bisa anda lakukan. Cara ini terbilang sangat mudah karena tentu semua pengguna smarpthone bisa melakukannya. Bagi anda yang ingin tahu bagaimana selengkapnya, silahkan simak baik-baik penjelasan di bawah ini:

  • Anda harus mematikan smartphone anda terlebih dahulu dan tunggulah sampai kondisi smartphone anda benar-benar mati atau off.
  • Setelah itu, anda tinggal mencabut baterainya secara perlahan. Cabut juga SIM Card dan juga memori eksternal jika memang ada.
  • Tunggu beberapa saat dan kemudian anda bisa memasangnya kembali. Lalu anda hidupkan smartphone anda tersebut.

Selain itu, anda juga bisa melakukan restart smartphone dengan cara yang paling sederhana dan tercepat yakni hanya perlu menekan tombol restart pada smartphone anda. Biasanya cara ini berlaku bagi smartphone yang menerapkan baterai tanam. Cara ini membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama dan biasanya SIM Card akan kembali memunculkan sinyal.


3. Pindah ke daerah yang support 4G

Untuk permasalahan yang ketiga ini mungkin menjadi permasalahan yang paling sering dialami oleh para pengguna android. Jika SIM Card berteknologi 4G dan kemudian anda berada di daerah yang tidak support 4G, maka tentu saja akan membuat SIM Card tersebut tidak memunculkan sinyal.

Lantas bagaimana cara anda mengatasinya? Cara yang harus anda lakukan tentu saja sangat sederhana. Anda hanya perlu pindah ke daerah yang support dengan 4G. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, hampir semua daerah di Indonesia sudah support dengan sinyal 4G. Meskipun begitu, tidak sedikit juga daerah, terutama yang plosok-plosok yang masih membutuhkan sinyal 4G. Selain itu, anda juga bisa mengatasinya dengan merubah pengaturan jaringan menjadi 2G/3G/4G.

4. Mengatur jaringan secara otomatis

Untuk tips yang keempat ini tidak jauh berbeda dengan cara mengatasi SIM Card terbaca tapi tidak ada sinyal yang pernah kami bahas sebelumnya. Yang harus anda lakukan adalah cukup dengan masuk ke pengaturan jaringan dan ubahlah dari mode manual menjadi otomatis. Mode tersebut nantinya akan membuat sistem android akan secara otomatis mencari sinyal untuk SIM Card anda tersebut.

Demikian penjelasan kami tentang penyebab dan cara mengatasi SIM Card terdeteksi tapi tidak ada sinyal. Semoga bermanfaat. Kami juga menyarankan anda untuk mempelajari beberapa hal di bawah ini:

, ,



Oleh :
Kategori : Tips & Trick